DPS Rogue

4 March 2009

Artikel ini dikutip dari Source dan hasil translasi dan adaptasi dari beberapa narasumber ingame dan juga thread2 luar, VulajinDPS Guide dan thread rogue di forum wow official yang sudah dengan niatnya melakukan berbagai analisis terhadap classrogue. Terimakasih juga buat sodara/i :

– Kungen : atas perbagai informasi tingkat tingginya mengenai ingame mechanics
– Noir : atas kebaikan hatinya menjawab pertanyaan2 ga penting
– Greens : ya… begitulah
– Semidevil : atas charnya yg entah mengapa selalu ga mau lepas dari rank 1 di dps meter (silau men senjatanya) jadi sedikit memotivasi gw buat ngejer2 dps

Anyway, lets cut to the chase…

Singkatan yg digunakan dalam guide ini :
AP – Attack Power
CP – combo point
IP – Instant Poison
DP – Deadly Poison
DPE – Damage per energy
SS – Sinister Strike
SnD – Slice and Dice
DPS – Damage per Second : Berapa damage yang dihasilkan dalam satuan per detik dalam satu range waktu.DPS menentukan kontribusi utama rogue sebagai damage dealer dalam raid, dan untungnya, class rogueadalah class yg memilki potensi constant dps terbesar ingame.

7 Aturan Utama dalam peran rogue sebagai DPS dealer : (originally announced by Aldrianna)
Langkah awal yang menentukan kesuksesan raid dalam memainkan rogue adalah dengan mematuhi 7 aturan dasar dari DPS rogue. Mengikuti aturan ini adalah sampai kapanpun merupakan langkah yang paling penting dalam meningkatkan DPSdan jika anda menganggap salah satu dari ke7 poin ini tidak penting atau tidak perlu dilakukan, membaca sisa dari guide ini tidak akan ada artinya.

  1. Jangan Mati
  2. Jangan melakukan apapun yang dapat mengakibatkan raid-wipe
  3. Maksimalkan waktu hit anda terhadap target
  4. Jangan biarkan energy penuh tanpa melakukan apa2 selain autoattack
  5. Jangan Biarkan SnD hilang
  6. Gunakan spreadsheet Volajin untuk memutuskan cycle/rotation mu, jika anda malas untuk membacanya, gunakan cycle/rotation standar dibawah.
  7. Perhatikan dan gunakan cooldown skill

TALENT BUILDS
Tidak ada talent yg mengikat khusus untuk build dps rogue, hanya saja, beberapa talent memiliki kontribusi terhadap dps terlalu besar untuk ditinggalkan dan beberapa talent terkesan cukup bodoh untuk tidak diambil jika anda memutuskan untuk mengejar rogue dps buildBuild utama dps rogue yang dibahas dalam guide ini adalah combat build, karena berdasarkan data spreadsheet dan rekap dmmeter memiliki constant dpsterbesar ketimbang build2 lainnya. Dua talent utama yang harus diambil dalam build rogue apapun adalah :Relentless Strikes (Assasination) dan Dual Wield Specialization (Combat). Untuk build cobat, talent yangseharusnya diambil adalah Improved Slice and DiceBlade FlurryWeapon ExpertiseAggression,Adrenaline RushCombat Potencydan Surprise Attacks (perlu dicatat untuk revisi mangos saat ini keefektifan talent ini masih diragukan), tentunya Weapon Specialization yang sesuai. Karena banyaknya variasi dari build rogue dps saat ini, gw cmn membahas 1 yang memiliki salah satu potensi dps paling besar diantara build yang lainnya, yaitu combat-swords (jika anda memutuskan “wah gw demennya dagger” atau “ah ga musti pake sword juga bisa”, silahkan baca referensi build lain di link diatas). Combat-fist walaupun skrg sedang populer di inter dan memiliki constant dps paling besar, tidak dibahas disini karena req equipmentnya yg cukup tidak wajar dan tidak umum digunakan sebagai referensi dps rogue. Berikut build combat swordrogue :

Quote:
Assasination :
Malice 5/5
Ruthlesness 3/3 (diragukan jalan atau tidaknya di ampm, untuk alternatif bisa masukkan ke Vile Poisons -> Imp. Eviscerate)
Relentless Strikes 1/1
Lethality 5/5
Vile Poisons 3/5

Combat :
Improved Gouge 3/3 (alternatif bisa Improved Dodge)
Improved Sinister Strike 2/2
Improved Slice and Dice 3/3
Precision 5/5
Improved Sprint 2/2
Dual Wield Specialization 5/5
Blade Flurry 1/1
Sword Specialization 5/5
Weapon Expertise 2/2
Aggression 3/3
Vitality 2/2
Adrenaline Rush 1/1
Nerves of Steel 2/2 (alternatif bisa Improved Dodge)
Combat Potency 5/5
Surprise Attacks 1/1 (diragukan jalan atau tidaknya di ampm, untuk alternatif bisa masukkan ke Improved Dodge)

MENGENAI HIT RATING DAN EXPERTISE
Mengenai pertanyaan apakah hit rating berguna bagi raid dps / boss? Jawabannya “ya tentu saja”, hit rating menentukan prosentase berapa banyak pukulan mu yang kena dan yang tidak. Hit rating merupakan salahsatu stat utama yang menentukan besaran dps! dan untuk PvE hit rating jauh lebih penting dibanding passive stat lain seperti crit rate dan AP (dan sedikit lebih penting ketimbang AGI). Hanyasaja hit rating bukanlah statyang perlu di stack terus menerus, ada besaran tertentu dari hit rating yang dapat dikatakan “cukup” atau istilah aslinya Cap Hitrate yaitu dimana jika anda menambah hitrating melewati nilai tersebut tidak akan berpengaruh apa2. Khusus bahasan pada guide ini, cap hitrate yang digunakan adalah cap untuk raid bossdan bukan terhadap target2 lainnya. Contohnya jika anda mencapai atau melebihi cap tersebut anda tidak akan melihat attack yang miss terhadap raid boss kecuali anda sedang dalam efek debuff yang mengurangi hitrating.

Sebagai dasarnya, mechanics WoW memberikan penalty untuk senjata dual wield sebesar 28% untuk raid boss untuk serangan autoattack, dan 9% untuk special attack (special attack adalah skill2 fisik seperti SS, Eviscerate, dst). Untuk setiap 15.77 hit rating yang anda tambahkan pada char anda, anda mengurangi kemungkinan untuk melakukan miss sebesar 1%. Berikut adalah cap hitrate (nilai hitrate minimal untuk melakukan 100% hit) untk berbagai tipe serangan :

  • Serangan : Auto-attack, Talent Precision 0/5 — Cap Hitrate 442
  • Serangan : Auto-attack, Talent Precision 5/5 — Cap Hitrate 363
  • Serangan : Special, Talent Precision 0/5 — Cap Hitrate 142
  • Serangan : Special, Talent Precision 5/5 — Cap Hitrate 64

Untuk expertise, chance dasar setiap serangan untuk di dodge oleh raid boss adalah 6.5%. Untuk setiap 3.94 Expertise rating yang dikenakan, akan mereduksi kemungkinan serangan untuk didodge sebesar 0.25% (setiap 15.77 expertise mengurangi kemungkinan serangan untuk di dodge sebesar 1%). Berikut adalah cap expertise (nilai expertise minimal untuk menembus dodge boss) :

  • 0/2 Weapon Expertise, non-Human — Cap Expertise 103
  • 1/2 Weapon Expertise, non-Human — Cap Expertise 83
  • 2/2 Weapon Expertise, non-Human — Cap Expertise 64
  • 0/2 Weapon Expertise, Human — Cap Expertise 83
  • 1/2 Weapon Expertise, Human — Cap Expertise 64
  • 2/2 Weapon Expertise, Human — Cap Expertise 44

Nilai nilai diatas BUKANLAH nilai minimal hitrate atau expertise yang perlu dikejar untuk memaksimalkan DPS. Tidak ada keuntungan khusus yang didapat dengan menembus cap tersebut, nilai-nilai diatas hanyalah sebagai referensi ‘jika’ ternyata hitrate anda diatas nilai2 tersebut, maka kelebihan point dari hit rate yangada tidak akan memiliki arti dan kontribusi apa2 dalam perhitungan DPS.

ROTATION / CYCLE
Pernahkan anda heran mengapa setelah mencontek blak2an talent dan equip orang2 yg memiliki DPS tinggi, char anda tetap memiliki DPS dibawah rata2? Mungkin ada yang salah dengan cycle/rotation yang anda gunakan. Khususnya rotation dalam bahasan rogue dikatakan sebagai CPC atau “Combo Point Cycle” yangmenyatakan algoritma (urutan penggunaan skill) yang digunakan untuk menentukan finishing move yang digunakan, dan urutannya dalam pertarungan dalam selang waktu tertentu (mis: raid boss). Khusus untuk rogue dps, CPC yang digunakan semuanya berorientasi pada menjaga agar SnD selalu aktif 100% untuk setiap waktu (baca aturan rogue ke 5) dan secara bersamaan menjaga agar Rupture selalu aktif dalam setiap waktu. Mengapa Rupture? karena Rupture memberikan sustained dps yang paling besar dibanding finishing move rogue yang lain termasuk Eviscerate, rupture juga hampir tidak mungkin miss pada besaran hitrate berapapun. Eviscerate seharusnya hanya digunakan jika dan hanya jika : (1) Target hampir mati, (2) Target Bleed-Immune, (3) Snd dan Rupture sedang aktif dengan waktu yang lama dan anda memiliki CP dan Energy cukup banyak.

Quote:

Berikut adalah deskripsi game mechanics Rupture vs Eviscerate :
Hampir pada keseluruhan gear level, Rupture selalu lebih superior dari Eviscerate terhadap target apapun yang tidak immune pada Bleeding effect. pada 5CP, Rupture memberikan 1000 damage + 24% AP untuk 25 energy yang dikonsumsi, atau 40 damage + 0.96% untuk setiap AP per energy. Pada 5CP dengan menggunakan T5 2buah, Eviscerate memberikan 1245 damage + 15% AP untuk 35 energy, atau sekitar 35.57 damage + 0.43% per AP per energy. Dengan mengaplikasikan 3/3 Improved Eviscerate dan 3/3 Aggression (121% modifier), 40% crit dan RED(142.4% modifier), dan 30% armor reduction(debuff standar yg digunakan pada raid boss, seperti sunder, expose armor), Eviscerate memberikan 42.90 damage + 0.52% AP per energy. Dengan demikian Eviscerate memiliki keunggulan 2.9 base damage per energy, tetapi Rupture memiliki adisi 0.44% dari AP yang anda miliki. Dalam kalkulasi seperti ini, hanya dibutuhkan 656 AP bagi Rupture untuk melewati keunggulan Eviscerate. Sederhananya, dalam setiap situasi dimana anda bisa Rupture, anda sebaiknya memilih Rupture.

Cycle yang digunakan untuk combat build biasanya diekspresikan dengan menggunakan format “2snd/5rup” atau “3snd/5snd/5evc”. Setiap pasangan angka dan huruf2 dikanannya menandakan finishing move yang digunakan untuk setiap CP yang tertulis pada angka tsb. Contoh penggunaan cycle :

Quote:
“2snd/5rup” artinya : sinister strike 2x (umumnya) – [2 combo point] – Slice and Dice – Sinister Strike 5x – [5 combo point] – Rupture – ulangi…

Untuk performa maksimum, sebaiknya jangan berdeviasi dari cycle yang anda pilih kecuali anda terpaksa untuk berhenti menyerang target.

Untuk combat dps, cycle / rotation yang umum digunakan dan secara umum memberikan dps tertinggi adalah 4snd/5rup. Jika target immune terhadap bleed effect gunakan 5snd/5evc.

Rotation Tips:

# Ingat bahwa jika anda memiliki Rupture dengan 5CP, anda dapat mengandalkan pada return 25 energy dari Relentless Strikes

# Agro management adalah hal yang sangat penting. OK char anda memiliki 2k atau 3k dps dalam satu waktu, tapi ingat aturan 1, “you cant DPS if you’re dead”, dan jika anda mati mohon sadari bahwa anda mungkin akan menghabiskan ribuan mana dari supporting party member untuk melakukan ressurection-heal-rebuff, yang seharusnya diberikan untuk mensupport MT dan party member lainnya, dan tentu saja walaupun belum tentu terjadi, hal ini dapat beresiko untuk menimbulkan raid-wipe yang seharusnya tidak perlu. Gunakan Vanish ketika anda mendekati ~100% dari tank threat (add-on Omen dapat membantu anda untuk mengantisipasi hal ini). Perlu diketahui bahwa sistem ingame wow memberikan toleransi buffer threat sebesar 10% untuk melee hitter dan 30% untuk ranged hitter. Hindari penggunaan feint dalam raid.

# Gunakan Blade Flurry dan trinket jika anda memiliki energy yang cukup banyak dan CP. Dengan mengantisipasi hal ini, anda dapat melakukan dumping damage yang lebih besar dalam hitungan energy dalam satu waktu.

BUFFS & ENCHANTS
Buff memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan dps dalam satu waktu raid, tentunya keberadaan tiap buff sangat bergantung pada komposisi party raid yang sedang anda ikuti, keahlian dan penggunaan skill dari masing2 raid member, dan pengaturan dari raid leadernya sendiri, dan tentunya kepedulian anda untuk meningkatkan dps dalam raid.

Raid Buffs berdasarkan urutan prioritas:

  • Self Buffs (poisons) : MainHand-Instant Poison(jika tidak ada Windfury totem), Offhand-Deadly Poison
  • Self Buffs (potions) : Flask of Relentess Assault > Flask of Major Agility > Spicy Hot Talbuk
  • Party Buffs : Battle Shout (5/5 improved) > Unleashed Rage > Grace of Air/Windfury > Leader of the Pack > TSA
  • Ext-Party Buffs : Salvation > Might > Kings > Gift of The Wild > Fortitude

Weapon Enchantments (kedua senjata, atau kombinasi) : Mongoose > 20AGI > Executioner
Equipment Enchantements :

  • Greater Inscription of Vengeance (Aldor) > Greater Inscription of the Blade (Scryer)
  • 15 AGI > 26AP
  • +6AllStat
  • Glyph of Ferocity
  • Nethercobra Leg Armor

Idealnya keseluruhan buff tersebut aktif, namun tidak selalu raid party memiliki komposisi raid member selengkap itu. Namun diatas adalah urutan buff yang seharusnya diberikan jika ada class dalam raid yang tersedia berdasarkan prioritasnya.

GAME MECHANICS – HASTE
Efek dari haste memberikan serangan ekstra per waktu berbanding lurus dengan besaran nilainya, jadi SnD menyediakan 30% ekstra serangan selama selang waktu aktifnya dibandingkan dengan tidak menggunakan SnD. Haste effect yang bersifat presentase dapat dimultiplikasikan, tetapi, perlu dicatat bahwa haste yang bersifat rating base seperti Dragonspine Trophy (Gruul) ditambahkan secara akumulatif pada total haste rating sebelum dikonversikan (dengan rate 15.77 = 1%) menjadi haste berbasis presentase. Dengan demikian, haste2 berbasis persen meningkatkan efek satu sama lain sedangkan haste berbasis rating tidak melakukan hal yang sama. Sebagai hasilnya, mengkoordinasikan haste berbasis rating seperti : Haste Potion + Abacus of Violent Odds + Dragonspine Trophy proc tidak akan menimbulkan efek akumulatif. Tetapi, mengkoordinasikan haste berbasis persentase seperti Blade Flurry + Bloodlust akan memberikan efek yang signifikan.

GAME MECHANICS – PROCS & ENCHANTMENTS
Istilah yang sering digunakan secara umum untuk mendeskripsikan chance sesuatu untuk keluar (apakah itu crit, efek2 seperti Windfury, atau berbagai status yg pd in-game tertuliskan Chance on Hit, dst.), disebut dengan PROC (red:ambigu) yang merupakan singkatan dari Programmable Random Occurence. Perhitungan PROC disini diambil berdasarkan jumlah PROC yang mungkin terjadi dalam 1 menit yang disebut dengan PPM (PROC per Minute). Perlu diketahui bahwa World of Warcraft menggunakan sistem PPM ini untuk mengkalkulasikan Proc dari berbagai jenis status yang ada (attacks, buffs, debuffs), misalnya Seal of Commandnya paladin, pada patch terakhir di set menjadi 7 PPM oleh blizzard, artinya, dalam 1 menit anda hanya akan mendapatkan 7x PROC seal of command untuk 1 target, dan perlu diingat bahwa PROC selalu direset ketika buff/debuffnya di refresh, atau anda beralih ke target yang baru.

Kalkulasi PROC (atau chance suatu efek untuk bekerja pada target) adalah :

PPM * weapon speed / 60

Dari kalkulasi diatas dapat disimpulkan bahwa, jika anda mengharapkan suatu efek untuk keluar lebih sering, selalu andalkan main hand anda (yang seharusnya main hand memiliki speed yang besar). Misalnya, untuk memproc efek dari Windfury lebih sering, hapus poison pada tangan kanan anda, bukan pada tangan kiri! Misalnya : Jika anda menspam Sinister strike 3x pada awal pertarungan dengan menggunakan senjata dengan speed 2.8, Windfury memiliki chance 84% untuk keluar.

Catatan : Dual wielders (dalam kasus ini bisa dikatakan semua rogue) harus mengetahui bahwa semua efek (termasuk extra attack yang diberikan dari talent Sword Specialization pada Warriors & Rogues) selalu terjadi pada MH (Main Hand), sehingga meningkatkan jumlah hit per menit hanya pada tangan itu saja.

GEARS – EQUIPMENTS
Untuk listing equipment rogue yang memberikan dps terbesar berdasarkan ranking dapat dilihat di maxdps, namun perlu diperhatikan bahwa rating tersebut mengindahkan bonus set yang didapat dari gear2 seperti t4/t/5/t6 atau arena set.

<soon updated>

FAQs
berhubung ternyata responnya cukup banyak… (tak disangka) jadi gw tambahin section FAQ disini, daripada harus quote2 dibawah (sori harusnya gw reserve beberapa postingan dulu)…

Kok finish movenya milih rupture sih? Dulu sih gua milih expose armor ama slice n dice. expose selain bisa minus armor, berguna banget kl banyak melee/hunter. Dan DPS gua selalu no 1 tiada tanding.
Yah tentunya buat kebaikan raid minimal ada 1 rogue yg rela untuk Expose Armor, tapi bahasan disini itu spesifik buat ngepull dps char anda bukan dps raid secara keseluruhan. Jadi, ada atau tidaknya debuff expose armor pada target termasuk pada faktorisasi buffs, toh kalau ada rogue lain yg expose lalu cycle anda tetap rupture, total dpsnya lebih gede kan?

knp kok feint nda bole dipake waktu raid ?
berhubung perhitungan dps disini diambil dari asumsi anda sedang melakukan targeting pada elite class monsters dengan hp yg besar (termasuk bosses). Ada beberapa alasan mengapa penggunaan Feint menjadi tidak efektif dalam menurunkan threat secara keseluruhan :

  1. Penurunan threat rating dari Feint untuk sekali cast (tidak termasuk Slight of Hands) adalah : rank 1 -150, 2 -240, 3 -390, 4 -600, 5 -800, 6 -1050, sangat tidak signifikan ketimbang damage output yang anda berikan.
  2. Vanish mendump threat secara keseluruhan! dan memudahkan tank untuk mempertahankan agro.
  3. Tidak memberikan damage maupun combo points namun tetap mengkonsumsi 20 Energy
  4. Dapat di resist

trus klo bwat soket nya tier itu mending diisi apaan? agi, crit rate, ato ?
primary stat dps, khususnya buat rogue adalah hitrating, kasusnya bisa dibilang seperti ini, misal untuk kasus hipotesis (perlu diingat bahwa ini adalah theorycraft, untuk praktiknya silakan dianalisis sendiri dengan menggunakan addons seperti Recount), misal ada 4 socket, karena ini sekedar untuk perhitungan, maka anggaplah 4 socket itu bisa diisi oleh berbagai macam warna, berikut adalah perhitungannya untuk berbagai jenis gem/stat yg mungkin diisikan :

  • 10 AGI x 4 = 40 AGI = 40 x 2.15 AP = 86 AP + 2.16% CRIT
  • 10 HIT x 4 = 40 HITRATING = 2.54% CHANCE TO HIT
  • 10 STR x 4 = 40 STR = 40 AP

tabulasi diatas adalah tabulasi sederhana yang menyatakan komparasi antara 3 jenis stat utama untuk DPS, jika memperhitungkan hanya white damage, dan dengan mengindahkan faktor2 lainnya, kita bisa melihat bahwa memang pada dasarnya AGI memberikan peranan yang sangat signifikan pada AP dan CRIT, namun dalam kondisi full buff dan dengan equip yang memadai, melakukan overpoint pada critrate tidak akan memberikan peran yang signifikan jika anda mengorbankan hitrate sampai 0, untuk beberapa boss, dengan hitrate dibawah 100, kemungkinan miss pada white damage adalah sekitar 17-30%, jika mengambil batas diatasnya dengan permisalan total damage yg dihasilkan 100k, maka damage yang hilang dari kurangnya hitrating adalah sekitar 30ribu. asumsi misal dari 70ribu damage yg dihasilkan, jika chance crit sebesar 30% per white damage (mis 800dmg/hit+240), secara kasar didapatkan ((70.000/800)x0.3)x240=6300 damage untuk 30% bonus damage dari crit rating. Bandingkan jika anda meningkatkan hitrate sampai 200, yang dapat mengurangi chance miss menjadi 10-15%, anda sudah mendapatkan sekitar 10.000-15.000 white damage hanya dari hit rating saja, tanpa mengindahkan crit! Kesimpulannya, Hit Rating merupakan stat utama dps rogue! dengan urutan sama seperti disebutkan diatas, HitRating > AGI > AP > Crit

Original Post by : shintara

Leave a comment